Minggu, 06 September 2020

DESAIN RUMAH INDUSTRIAL

 

Kini, ada banyak konsep desain hunian yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah gaya rumah industrial. Gaya ini identik dengan gaya interior pabrik industri pada abad ke-19. Seiring berjalannya waktu, gaya interior ini mulai tidak dipakai di pabrik zaman sekarang. 

 

 
Akan tetapi, desain interior industrial menarik perhatian para penyuka seni interior hingga penikmatnya untuk diterapkan dalam hunian.

Rumah industrial memiliki kepribadian yang unik. Meskipun terkesan tua, rumah industrial mampu membawa kehangatan bagi penghuninya. Untuk menerapkan gaya ini, kamu perlu memahami lebih dalam apa yang membuat rumah industrial berbeda dengan rumah bergaya lainnya. Berikut adalah elemen-elemen penting yang wajib ada dalam sebuah rumah industrial.

1.   Gaya interior khas pabrik zaman lama ini identik dengan penggunaan besi sebagai unsur furnitur mereka. Keberadaannya memberikan sentuhan yang tepat tanpa merasa terlalu mewah. Kunci utama sebuah rumah industrial adalah kesederhanaan. Tak perlu kamu membawa banyak barang agar kesan industrial itu bisa terasa. Justru, penggunaan furnitur lama diperlukan.

2.   Elemen kayu ini merupakan elemen wajib yang harus ada dalam sebuah rumah industrial. Kamu tidak harus pakai kayu yang baru. Justru, kayu berusia lama atau unfinished akan memberikan nilai tambah bagi rumah industrial. Nilai tambah tersebut berupa aksen yang pastinya tidak akan kamu temukan di tempat lain.

3.   Dinding bata ekspos bisa dibiarkan dengan warna bata asli. Pemilik ruangan tidak mengecat semua dinding dengan warna putih. Ia membiarkan adanya kerak untuk memberikan kesan unfinished sehingga kesan rumah industrial makin kuat.

4.   Naik daunnya fenomena rumah industrial ini mungkin menjadi alasan utama semen ekspos kembali hadir. Mau diberi lapisan finishing mau pun tidak, semen ekspos akan tetap terlihat apik. Karena kuat, awet, dan murah, semen ekspos menjadi pilihan utama pada pabrik abad ke-19. Semen ekspos bisa diaplikasikan di dua bidang, yaitu lantai dan dinding.

5.   Ciri khas rumah industrial lainnya adalah adanya ruang terbuka. Ruang terbuka tanpa sekat ini ada untuk memberikan kesan luas yang tak terbatas.

6.   Jika biasanya langit-langit rumah diberikan lapisan tambahan seperti plafon, maka pada rumah industrial biasanya langit-langit tidak diberi lapisan tambahan. Trik ini justru menunjukkan aksen rumah industrial yang khas dan memperlihatkan pipa udara maupun air terlihat jelas.

Desain AQIS kali ini menghadirkan konsep Rumah Industrial berlokasi di Banda Aceh berada di lahan 25x26m dengan dilengkapi dengan kolam renang.

Konsep industrial terlihat pada bentuk yang sederhana dengan penggunaan material bata expose, semen expose/ unfinished serta adanya unsur kayu dan besi semakin manambah kesan industrialnya.

Hadirnya Ornamen kayu ukiran khas Aceh sebagai elemen dekoratif menyempurnakan kesan elegannya....’nice design’..

                                             GAMBAR KERJA DETAIL EXTERIOR

                                                         FOTO PROGRESS PROYEK

Anda dapat melihat animasi video Desain Rumah Industrial ini pada link Youtube di bawah ini.

Semoga desain ini menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk anda semua.

Salam..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar