Senin, 27 Februari 2012

Cara Desain Rumah Minimalis



Waow.., desain arsitektur modern minimalis kini sangat populer. Lihat, hampir tak ada pengembang perumahan yang belum pernah menjajakan rumah bergaya desain seperti itu.

Nah, apakah ini Anda sekeluarga berniat membeli rumah bergaya modern minimalis? Bila ya, saat mengisi rumah tersebut dengan perabotan dan berbagai aksesori, ada baiknya mengikuti beberapa pakem yang dimiliki gaya modern minimalis. Dengan demikian, rumah tersebut nantinya benar-benar mencerminkan pakem modern minimalis.



Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan terkait itu.

1. Pertama kali, perlu ditegaskan bahwa gaya modern minimalis meminggirkan ornamen  yang terlalu banyak ataupun berlebihan. Atau bahkan tanpa ornamen sama sekali. Di sini, permainan warna, juga ekspos bahan material, lebih diutamakan.

Fungsi lebih diutamakan; bentuk-bentuk yang tak diperlukan dihilangkan.

2. Seiring hal tersebut, dalam memilih perabot (meja, kursi, credenza, lemari, dan lain-lain), gunakan yang sepi dari ornamen. Secara kasat mata, perabot modern minimalis bisa berbentuk serba kotak dan sepi ornamen ataupun lekak-lekuk ukiran. Pendek kata, perabot tersebut serba simpel, menonjolkan fungsi semata-mata.

3. Dalam memilih aksesori interior, perhatikan pula keharusan untuk serba simpel tersebut. Semisal, untuk lampu hias gantung, pilih yang berbentuk bundar tanpa dilampiri lekukan ataupun ukiran.

Contoh lain, untuk lampu hias duduk, gunakan yang berbentuk melengkung semata-mata.

Pula, pilihlah vas tanpa gambar ataupun ukiran sehingga mengesankan ciri modern minimalis.

4. Dalam menentukan warna perabot ataupun aksesori, pilih warna nan selaras dengan gaya modern minimalis. Semisal, pilihlah sofa nan berwarna cerah. Pilih pula standing lamp dengan warna kap merah.

5. Sekadar tambahan, di dalam ruangan, pemilik rumah bisa saja menggunakan permainan warna  nan cerah sehingga kesan modern minimalis mengental. Misal, warna dominan di tembok adalah krem muda. Lantas, di tempat tertentu seperti pemisah ruangan (partisi), warna merah digunakan sebagai pemberi aksen.

Nah, kini Anda sekeluarga benar-benar ada di rumah bergaya modern minimalis. Suatu gaya nan selaras dengan kehidupan masa kini yang simpel, cepat, praktis, sekaligus tetap mengikuti tren.

Dhit/Berbagai Sumber
Foto: Gettyimages/Rob Melnychuck
sumber : www.propertykita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar