Rabu, 29 Februari 2012

Tips memilih pegangan pintu



Cara Memilih Pegangan Pintu
Sudah tentu tiada pintu tanpa pegangan (dalam bahasa sehari-hari disebut handel). Maklum, pintu tak bakal bisa dibuka, ditutup, dan dikunci tanpa sang pegangan tersebut.

Pun, buat pecinta keindahan rumah, pegangan pintu punya peran tambahan: sebagai penghias. Itu tak mengherankan karena kini berbagai desain menawan untuk pintu tersaji di pasar. Simak, ada handel pintu klasik, minimalis, dan lain-lain.

Mengingat semua itu, jelas bahwa memilih pegangan pintu membutuhkan pengetahuan tersendiri. Berikut ini beberapa petunjuk yang bisa diikuti.
1. Sesuaikan ukuran pegangan dengan pintunya. Bila pintu Anda berukuran standar, jangan memasang pegangan berukuran besar—walau pegangan itu indah dan berharga mahal.

2. Sesuaikan model pegangan tersebut dengan gaya desain di rumah Anda. Semisal, rumah bergaya desain klasik bisa menggunakan pegangan pintu lengkung nan kaya ornamen.

Adapun rumah dengan desain modern minimalis bisa memilih pegangan pintu nan simpel, nan sepi ornamen; warna pegangan tersebut bisa perak dan terbuat dari stainless steel.

3. Jangan lupa bahwa fungsi utama pegangan pintu adalah sebagai pengaman, untuk mengunci pintu. Maka, pilihlah pegangan pintu yang terbuat dari bahan kuat sekaligus berkualitas.

Soal bahan berkualitas ini terkait pula dengan daya tahan keindahan pegangan pintu. Telah jelas bahwa pegangan pintu sering dipegang, juga bisa sering kena cuaca panas dan dingin. Alhasil, pilihlah pegangan pintu dari bahan berkualitas.

4. Perhatikan jenis pemakaian rumah. Bila satu rumah digunakan untuk asrama, sudah tentu pegangan pintu lebih sering digunakan banyak orang. Maka, di sini, utamakan  kekuatan pegangan pintu, jangan terlalu mengutamakan estetika pegangan tersebut.

Bila satu rumah difungsikan sebagai kantor, sudah tentu “rumus” di atas juga berlaku.

5. Sesuaikan pegangan tersebut dengan lokasi pintu. Pegangan untuk pintu depan berbeda dengan untuk pintu kamar mandi ataupun pintu kamar.

6. Perhatikan pula model pintu Anda. Pegangan untuk pintu dorong/konvensional sudah tentu berbeda dengan yang untuk pintu geser.

7. Buat Anda yang pecinta berat keindahan rumah, tak ada salahnya bertanya perihal memilih pegangan pintu. Sudah tentu kepada pihak yang jauh lebih mengerti tentang itu: para desainer interior.

Demikianlah; selamat memilih pegangan pintu untuk rumah kesayangan Anda.

Dhit
Foto: Gettyimages/Ichiro
sumber: www.propertykita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar